TikTok Penuh Bocah, Ini Alternatif Buat Yang Merasa Tua

A logo of a smartphone app TikTok is seen on a user post on a smartphone screen Monday, Sept. 28, 2020, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)

TikTok kerap disebut media sosial Gen Z, sebab basis penggunanya yang kebanyakan berusia muda. Jika Anda merasa terlalu tua untuk main TikTok, ada aplikasi serupa bernama Clapper.

Perusahaan berbasis di Texas, Amerika Serikat (AS) tersebut sengaja dirancang untuk orang tua. “Kami ingin menciptakan ruang untuk generasi lebih tua agar merasa nyaman,” kata pendiri Edison Chen, dikutip dari NY Post, Jumat (5/5/2023).

Chen menegaskan, Clapper dibuat bukan untuk bersaing dengan TikTok. Karena menurutnya aplikasi tersebut tidak diciptakan untuk semua orang.

“Kami tidak melihatnya sebagai kompetisi langsung karena kami lebih berbasis ke komunitas. Kami bukan dibuat untuk semua orang,” ungkapnya.

NY Post mencatat di App Store, aplikasi itu terdaftar sebagai ’17+’. Rata-rata penggunanya berusia 35 hingga 55 tahun.

Namun jangan membayangkan aplikasi penuh konten dewasa maupun pornografi. Di dalamnya berisi video berdasarkan komunitas seperti real estate atau barbeque.

Pengguna akan melihat konten terkait komunitas. Selain itu juga dapat memfilter video berdasarkan lokasi.

Di dalam deskripsi yang terpampang di toko aplikasi Apple dituliskan Clapper sebagai platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat. Aplikasi juga diklaim dapat digunakan gratis serta tanpa iklan.

“Anda bisa melihat tren terkini dan kehidupan nyata orang-orang saat itu terungkap, serta pendapat dan bakat orang,” ungkap deskripsi tersebut.

Clapper telah diluncurkan tiga tahun lalu. Pada 2020, jumlah penggunanya hanya kurang dari 10 ribu pengguna aktif harian.

Berikutnya jumlah tersebut meroket menjadi 300 ribu pengguna dan tersedia di 40 negara. Ulasan positif juga membanjiri aplikasi tersebut dengan mendapatkan 4,3 dari 5 bintang di App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*