Rahasia iPhone Laku Keras, Samsung-Oppo-Xiaomi Minggir

Seorang pengunjung memegang iPhone 14 baru di acara Apple di kantor pusat mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). (REUTERS/Carlos Barria)

Laporan terbaru firma riset Canalys menunjukkan pasar HP masih lesu. Pertumbuhannya anjlok 13% secara tahun-ke-tahun (YoY).

Di antara pemain ‘Top 5’, cuma Apple yang mencatat pertumbuhan tipis 3%. Samsung, Oppo, Xiaomi, dan Vivo mencetak penurunan penjualan unit HP sepanjang Q1 2023.

Ternyata, rahasia iPhone terletak pada produk ‘refurbished‘. Menurut firma riset Counterpoint, pasar HP refurbished global naik 13% sepanjang 2022, dibandingkan dengan 2021.

iPhone merupakan pabrikan yang mendominasi penjualan produk refurbished, yakni 49% dari pangsa pasar. Setelah itu, secara berurutan ada Samsung (26%), Vivo dan Oppo (3%), serta Huawei (2%).

Analis Counterpoint Glen Cardoza mengatakan pasar HP refurbished mengalami transisi. Agaknya, pengguna kini lebih percaya dengan produk tersebut.

Diketahui, refurbished adalah produk yang ditarik dari pasar (recall) untuk kemudian diolah atau diperbaiki sebelum dijual kembali. Karena itu, harganya cenderung lebih murah.

“Potensi bisnis untuk produk refurbished makin positif, terlebih di negara-negara dengan pasar yang sudah matang seperti AS, Eropa, dan Jepang. Sementara itu, pasokan barang masih terbatas di pasar seperti Asia Tenggara, India, dan Afrika,” kata Cardoza.

Lebih lanjut, ia mengatakan impor dari AS, Eropa, dan Jepang, ke negara-negara Asia dan Afrika pun menurun. Sebab, permintaan yang besar membuat AS dkk pun minim pasokan.

Untuk itu, melihat tren refurbished yang meningkat, Cardoza menyarankan vendor HP untuk membangun ekosistem refurbished yang mumpuni di lebih banyak negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*