Jadwal & Rangkaian Prosesi Penobatan Raja Charles III

Latihan malam hari di London pusat untuk penobatan Raja Charles III, yang akan berlangsung akhir pekan ini. Tanggal pengambilan gambar: Rabu 3 Mei 2023. (Victoria Jones/PA Images via Getty Images)

Proses penobatan Raja Charles III akan digelar hari ini, Sabtu (6/5/2023) di Westminster Abbey, London. Raja Charles III akan dinobatkan bersama istrinya Ratu Camilla yang akan menjadi permaisuri.

Prosesi penobatan akan dimulai pada pukul 6 pagi waktu setempat, di mana area penobatan akan dibuka. Berikut adalah prosesi lengkapnya, seperti dirangkum dariĀ AFP.

6:00

Perayaan dimulai saat melihat area di sepanjang rute prosesi di pusat kota London yang dibuka untuk umum.

07:15-08:30

Para tamu Westminster Abbey akan tiba di pos pemeriksaan keamanan. Kebaktian akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby, pemimpin spiritual Anglikan dunia.

09:30-10:45

Sejumlah tamu terkemuka, termasuk anggota keluarga kerajaan, kepala negara asing, dan pemimpin Inggris akan tiba di Westminster Abbey.

10:20

Raja Charles dan Camilla akan meninggalkan Istana Buckingham dengan Kereta Negara Diamond Jubilee dan pergi ke Westminster Abbey.

Berhias ornamen emas, kereta kencana itu akan ditarik enam kuda Windsor Grey.

Sepanjang perjalanan, anggota kelompok pengawal kerajaan, Household Cavalry, akan mengawal kereta kencana Diamond Jubilee tersebut.

Perjalanan akan menyusuri The Mall – jalan yang mengarah dari Istana Buckingham – ke Trafalgar Square, lalu menyusuri Whitehall sebelum tiba di Westminster Abbey.

10:53

Permaisuri raja dan ratu akan tiba di Westminster Abbey.

11:00

Setibanya di Westminster Abbey, Charles dan Camilla akan mengikuti prosesi penobatan yang dipimpin oleh Uskup Canterbury, Justin Welby, selaku pemegang kedudukan tertinggi di Gereja Inggris. Charles akan mengenakan Robe of State beludru merah milik kakeknya Raja George VI.

12:00

Charles dimahkotai sebagai Uskup Agung Canterbury menempatkan Mahkota St Edward di kepalanya. Setiap akhir pengakuan perwakilan kongregasi, terompet akan ditiup dan penghormatan senjata seremonial ditembakkan ke seluruh negeri.

13:00

Kebaktian berakhir di Westminster Abbey. Saat dia meninggalkan Westminster Abbey, raja akan mengenakan Jubah kakeknya, terbuat dari beludru sutra ungu bersulam emas.

Raja akan mengenakan Imperial State Crown, bertakhtakan 2.868 berlian, 17 safir, 11 zamrud, dan 269 mutiara.

Charles dan Camilla kembali ke Istana Buckingham dengan kereta kencana Gold State Coach yang ditarik kuda, dengan kecepatan berjalan kaki, sebagai bagian dari Prosesi Penobatan seremonial yang dinanti-nantikan.

Mereka akan dikawal oleh 4.000 tentara dengan pakaian upacara.

Pewaris takhta Pangeran William, istrinya Kate dan anak-anak mereka Pangeran George dan Louis serta Putri Charlotte akan mengikuti di gerbong lain.

Putra raja yang terasing Pangeran Harry dan saudara laki-lakinya Pangeran Andrew tidak akan ambil bagian dalam prosesi tersebut.

13:33

Charles dan Camilla tiba di Istana Buckingham.

13:45

Raja dan permaisuri yang baru dinobatkan disambut dengan hormat kerajaan dari militer di taman istana.

14:15

Raja dan keluarga kerajaan akan muncul di balkon Istana Buckingham yang akan melihat iringan parade pesawat yang melewati Istana. Ini juga menandai akhirnya prosesi penobatan.

Fotografer Hugo Burnand kemudian mengambil potret pasangan dan foto grup keluarga, sebelum raja dan ratu makan siang bersama keluarga kerajaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*