Ed Sheeran Dinyatakan Tak Bersalah dalam Kasus Jiplak Lagu

Singer Ed Sheeran exits the Manhattan federal court for his copyright trial in New York City, U.S., April 25, 2023.  REUTERS/Eduardo Munoz

Musisi asal Inggris, Ed Sheeran diputuskan tidak bersalah atas kasus pelanggaran hak cipta yang dituduhkan kepadanya. Sebelumnya, Ed Sheeran dituduh menjiplak lagu Marvin Gaye, “Let’s Get It On” untuk lagu “Thinking Out Loud”.

“Saya sangat senang dengan hasil kasusnya. Sepertinya, saya tidak harus pensiun dari pekerjaan harian saya,” ujar Ed Sheeran ketika memberikan pernyataan setelah sidang, dikutip dari The Washington Post, Jumat (5/5/2023).

“Namun, pada saat yang sama saya sangat frustrasi karena klaim tak berdasar seperti ini diizinkan untuk dibawa ke pengadilan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ed Sheeran digugat oleh putri Ed Townsend, Kathryn Townsend Griffin atas tuduhan menjiplak lagu Marvin Gaye untuk lagu “Thinking Out Loud”. Sebagai informasi, Ed Townsend adalah penulis lagu “Let’s Get It On” karya Marvin Gaye.

Selain Kathryn, saudara perempuan Helen McDonald dan estate dari mantan istri Townsend, Cherrigale Townsend, juga tercatat sebagai penggugat dalam kasus lagu “Thinking Out Loud”. Para penggugat menyebutkan bahwa Ed Sheeran, Warner Music Group, dan Sony Music Publishing berutang karena telah melakukan penjiplakan lagu.

Sejak saat itu, Ed Sheeran selalu hadir dalam persidangan untuk memberikan kesaksian. Dalam kesaksian perdananya, Ed Sheeran telah membantah tudingan untuknya dan mengaku sudah melakukan mash up sejumlah lagu dalam berbagai konser sebelumnya.

Menurut penyanyi berusia 32 tahun itu, kasus tersebut bukan pelanggaran hak cipta. Sebab, ada banyak lagu pop yang memiliki kesamaan chord tanpa berniat melakukan penjiplakan.

Setelah menjalani persidangan selama kurang lebih dua minggu di Pengadilan Federal Manhattan, Amerika Serikat, Ed Sheeran dinyatakan terbebas dari pelanggaran hak cipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*